Tuesday, October 7, 2014

Perangkat Lunak?

// apa itu?

perangkat lunak adalah sekumpulan instruksi komputer, data, dll. yang dapat disimpan secara elektronik yang biasa kita sebut sebagai software/aplikasi/program.
perangkat lunak tidak dapat berdiri sendiri, selalu berhubungan dengan perangkat keras (hardware)

// jenis-jenis perangkat lunak
terdiri dari 4: perangkat lunak sistem, aplikasi, perangkat lunak open source, dan perangkat lunak proprietary.


perangkat lunak sistem
adalah perangkat lunak yang mengatur dan mengendalikan semua perangkat keras sehingga aplikasi dapat bekerja.
contoh sistem operasi: Windows, Linux, Mac OS, MS-DOS, Android, iOS, Windows Phone.
contoh peralatan: Driver, Command Prompt, Terminal, sudo, cd, dir.

aplikasi
adalah semua perangkat lunak yang melakukan pekerjaan untuk pengguna.
contohnya: sistem penggajian (payroll), manajer basis data (MS Access), pengolah kata (MS Word), pengolah lembar kerja (MS Excel), permainan, portofolio multimedia, pengolah gambar (Adobe Photoshop), pengolah video (Adobe Premiere), pengolah audio (Adobe Audition), dll.

perangkat lunak open source
adalah perangkat lunak yang terbuka, yang mempunyai kode sumber yang dirilis di bawah lisensi tertentu yang mengijinkan siapapun untuk menggunakan, mengubah, dan mengembangkan aplikasi tersebut baik dalam bentuk asal maupun bentuk termodifikasi.
contoh lisensi: GPL, Creative Commons (CC)
contoh perangkat lunak: Linux (Ubuntu), OpenOffice, GIMP, Audacity, Blender, dll.

perangkat lunak proprietary
adalah perangkat lunak tidak gratis yang memiliki batasan pada penggunaan, penyalinan, dan pengubahan yang sudah ditentukan oleh pemilik/pembuat aplikasi tsb.


// editor teks
adalah pengolah kata untuk pengetikan dasar.
OCR atau Optical Character Recognition adalah sebuah perangkat lunak yang dapat membaca atau mendeteksi atau mengubah sebuah gambar atau foto yang berisi tulisan menjadi tulisan yang dapat dikenali oleh komputer, biasanya ada pada scanner.
tips: sekarang sudah banyak aplikasi OCR di android maupun di iOS, jadi kita dapat menggunakannya kapan saja dan dimana saja :)

// pengolah kata
adalah aplikasi yang memungkinkan pengguna untuk mengedit dokumen dengan beberapa fitur diantaranya: pengecek ejaan, tesaurus, pencetakan, pemberian gambar, dll.
contohnya: Microsoft Office Word, Google Docs (Google Drive), dll.


// alat grafik
ada 3 yaitu alat menggambar, alat modelling 2D/3D, editor gambar.

alat menggambar
banyak aplikasi yang menggunakan bitmap. perangkat lunak ini mempunyai banyak fitur diantaranya: tampilan antarmuka yang intuitif, dimensi yang dapat diskalakan, kemampuan pembatalan (undo) dalam jumlah banyak, dukungan untuk teks, dukungan plug-in pihak ketiga (third party), layer, brush, pen, eyedropper, dll.
contoh aplikasi untuk gambar bitmap: Adobe Photoshop, GIMP, Paint.NET
contoh aplikasi untuk gambar vektor: Adobe Illustrator, CorelDraw

alat modelling 3D
alat modelling 3D mempunyai fitur diantaranya: manajemen palet dan warna, kamera tidak terbatas, jendela dimensi, extrude, lathe, objek primitif (balok, bola), warna, texture mapping, efek partikel, pencahayaan, animasi, dll.
contoh: 3Ds Max, Blender, dll.

// editor gambar
adalah perangkat lunak untuk mengolah gambar, memperbaiki gambar, dan membuat gambar bitmap.
contoh: Adobe Photoshop, Adobe Photoshop Lightroom, GIMP, Picasa


// editor suara
adalah perangkat lunak yang mengijinkan pengguna untuk mengolah suara, dan pengguna juga bisa "melihat" suara dalam bentuk grafik agar lebih jelas. pengguna pun juga dapat membuat suara/musik sendiri misalnya untuk permainan.
contoh: Adobe Audition, WavePad, Audacity, Avid Pro Tools, dll.


// editor animasi, video, film digital
adalah perangkat lunak yang memungkinkan pengguna untuk mengolah/membuat sebuah video/film.
contoh: Adobe Premiere, Adobe After Effects, Corel Video Studio, Sony Vegas, dll.


// animasi
ada 4, diantaranya animasi frame, animasi vektor, animasi komputasional, dan morphing.

animasi frame
animasi yang dibuat dari beberapa gambar bitmap (frame) yang dimainkan dengan cepat.

animasi vektor
animasi yang dibuat dari variasi posisi, ukuran, dan arah garis/vektor yang membentuk suatu gambar.
contoh: Adobe Flash
sumber: http://media.gopego.com/media/old/images/20110922-adobe-flash-project.jpg


morphing
adalah teknik animasi yang menggabungkan dua gambar menjadi animasi transformasi metamorfosis dari gambar A ke gambar B.
sumber: https://ccrma.stanford.edu/~jacobliu/368Report/pa_morph.jpg


---


// daftar perangkat lunak yang dibutuhkan

perangkat lunak yang dibutuhkan untuk mahasiwa jurusan multimedia menurut kami adalah sebagai berikut:

1. Office Home and Student 2013
Menurut kami, perangkat lunak satu ini sangat dibutuhkan di semua kalangan, bahkan bisa disebut wajib ada. Kenapa kami memilih home and student? Karena seringkali banyak orang hanya menggunakan tiga saja yaitu word, excel, dan powerpoint :)

HARGA
Rp. 1.299.999,-

2. Adobe CS6 Master Collection

Perangkat lunak ini juga sangat dibutuhkan untuk mahasiswa jurusan multimedia. Karena perangkat lunak untuk design yang sering dipakai adalah milik adobe.

HARGA
Rp. 31.701.302,-


3. Microsoft Visual Studio 2013 Professional

Perangkat lunak ini juga dibutuhkan untuk mata kuliah Algoritma Pemrograman.

HARGA
Rp. 6.981.700,-


4. Avid Pro Tools

Perangkat Lunak ini digunakan untuk mengedit audio yang dimana juga diperlukan dalam multimedia.

HARGA
Rp. 9.577.909,-

5. Autodesk 3ds Max 2015

Perangkat lunak ini digunakan untuk membuat animasi 3D

HARGA
Rp. 38,284,400,-

6. Windows 8.1
Kami menyarankan menggunakan sistem operasi paling banyak dipakai saat ini, Windows :)

HARGA
Rp. 1.463.038,-

dan... ketika ditotal-total, biaya yang dibutuhkan adalah ...
.
..
...

Rp. 89.308.348,- !

nggak murah memang, tapi begitulah kira-kira kalau dihitung dan anda ingin membeli produk-produknya :)

sekian.

0 comments:

Post a Comment