IMK adalah Interaksi Manusia Komputer yang berarti agar manusia dapat berinteraksi dengan komputer dengan mudah, di dalam menjalankan sebuah program, harus ada antarmuka pengguna yang efektif, efisien, dan memuaskan agar pengguna dapat menjalankan sesuai kemauannya.
dimanakah keberadaan IMK?
IMK ada dimana-mana. dimulai dari mesin ATM, komputer, smartphone, game console, TV, kamera, dan masih banyak lagi.
homescreen (kiri) - play store (kanan) pada OS android |
settings pada iPad |
start menu windows 8 |
kenapa ada IMK?
karena ada perubahan lingkungan komputasi. pada tahun 1950/60-an, sumber daya komputasi sangat mahal dan komputer hanya dioperasikan oleh profesional yang sangat terlatih. sehingga user biasa tidak dapat mengoperasikannya. mulai tahun 1990/2000-an sampai sekarang, sumber daya komputasi murah dan pengguna non-komputer pun juga dapat menggunakannya.
visibility
adalah yang menentukan apakah pengguna dapat menekan tombol tersebut atau tidak. caranya adalah dengan membedakan antara tombol yang dapat memberikan umpan balik dan tidak, bukan menghapus tombol tersebut dari layar.
affordance
sebuah tombol pasti memiliki fungsi masing-masing. nah, tiap-tiap tombol tersebut juga harus mempunyai desain yang mendukung, yang mudah dipahami oleh pengguna.
sulitkah mendesain antarmuka pengguna?
desain antarmuka pengguna harus dapat membuat pengguna mengerti langsung ketika mereka melihatnya, harus kreatif. terkadang seorang desainer juga susah untuk berpikir menjadi seperti pengguna yang awalnya tidak mengerti, sehingga bisa dibilang susah untuk mendesain sebuah antarmuka pengguna :)
apa sih tujuan IMK?
- meningkatkan produktivitas individu maupun organisasi
- mengurangi risiko kesehatan dan meningkatkan keselamatan
- mengurangi biaya terkait pengembangan antarmuka pengguna
- kegunaan adalah konsep utama IMK
- kegunaan peduli pada membuat sistem aman, mudah dipelajari dan digunakan
pentingnya IMK
untuk mencari sebuah informasi, pengguna pasti melalui proses berikut:
- waktu pengguna untuk merumuskan pencarian,
- waktu yang dibutuhkan komputer untuk mencari dan menampilkan informasi di layar, dan
- waktu yang dibutuhkan pengguna untuk mengartikan informasi yang tampil
- antarmuka yang lebih baik dapat menghasilkan 10 kali peningkatan performa pengguna
- algoritma pencarian yang lebih baik dapat menghasilkan 10% peningkatan performa sistem
contoh IMK
kami diberi tugas untuk mengubah sebuah form yang awalnya IMK-nya masih kurang 'nggh' untuk pengguna menjadi IMK yang lebih mudah dimengerti pengguna
sebelum |
sesudah |
bagaimana menurut kalian? lebih mudah dipahami bukan? berikan komentar kalian ya :)
sekian dulu postingan kali ini. semoga bermanfaat.
sumber: materi dari pak marcellinus ferdinand suciadi
Desain ulangnya bagus, cuma sepertinya style-nya agak condong ke iOS ya?
ReplyDeleteiya pak memang agak mirip2 style iOS hehe
Delete