Wednesday, December 3, 2014

animation.


Apa sih animasi itu? animasi diambil dari latin anima, the "Animating Principle", kekuatan vital didalam setiap makhluk hidup.Animasi adalah teknik untuk memberi "jiwa" dalam menganimasikan objek, gambar, dan lain-lain.

// SEJARAH ANIMASI
Sejak homo sapien, manusia cenderung merekam segalanya yang ada disekitarnya dan di akhir abad ke-19, John Marey dan Edward Muybridge menemukan kamera yang dapat mengambil urutan gambar dari gambar bergerak

Di awal abad 20, Disney Production Studio membuat film kartun pertama dengan full-color dan full-sound.


Setelah itu, animasi terus berkembang. Seiring berkembangnya teknologi, diluncurkan film berjudul "2001: A Space Odyssey", adalah film kolaborasi dari animasi dan film pada tahun ke-70.


Dan akhirnya pun ada sebuah film dengan 100% animasi tanpa kolaborasi, berjudul "Toy Story".


// PRINSIP ANIMASI DISNEY
01 SQUASH AND STRETCH
menandakan tingkat kekakuan atau halus tidaknya sebuah objek



02 ANTICIPATION
digunakan untuk memastikan diantara setiap aksi yang akan dilakukan dan untuk memberitahu penonton apa yang akan dia lakukan selanjutnya.



03 STAGING
mempresentasikan ide apapun yang ingin disampaikan sehingga bisa tersampaikan dengan jelas tanpa kesalahan sedikitpun ke penonton. Anggaplah bahwa animasi kita adalah sebuah penampilan di atas panggung dimana semuanya telah terkoordinir dengan baik dan sempurna, dimana akting bisa dipahami, kepribadian bisa dikenali, ekspresi bisa dilihat, dan mood bisa dirasakan oleh penonton.


04 POSE TO POSE
animator mempunyai gambar awal dan tujuan akhir gambar, kemudian menggambar proses di tengah-tengah gambar awal dan gambar akhir.


05 FOLLOW THROUGH AND OVERLAPPING ACTION
benda/barang tidak tinggal diam saja. pertama kali pasti ada satu bagian dan bagian lainnya.


06 SLOW IN AND SLOW OUT
ilusi dari akselerasi digunakan untuk membuat feel tertentu (misal: dari lambat ke cepat atau cepat ke lambat dalam memukul benda).


07 ARCS
ada banyak organisme hidup yang dapat melakukan pergerakan mekanikal yang presisi (in, out, up, down, left, right).


08 SECONDARY ACTION
aksi sekunder adalah aksi yang terjadi seperti hasil aksi utama
aksi sekunder memberikan detil untuk menambah ketertarikan pada scene


09 TIMING
kepribadian dijelaskan lebih dengan gerakan daripada penampilan
kecepatan yang berubah-ubah akan menimbulkan persepsi yang berbeda-beda
tentukan kecepatan animasi anda dalam satuan FPS(Frame Per Second: banyaknya pergantian gambar per detik)


10 EXAGGERATION
buatlah sesuatu lebih meyakinkan dengan cara meng-alay kan nya.
jika karakter terlihat sedih, maka buatlah dia lebih sedih
jika karakter terlihat senang, maka buatlah dia lebih senang


11 SOLID DRAWING
dalam menggambar sebuah karakter, buatlah se-dinamis mungkin untuk membuatnya hidup.


12 APPEAL
adalah segalanya yang orang senang untuk melihatnya, kualitas dari pesonanya, desain yang memuaskan, simplicity, komunikasi, dan magnetism.
sebuah karakter tidak boleh terlalu simpel ataupun terlalu ribet


// ANIMATION METHOD
01 CLASSIC ANIMATION
animasi klasik pertama kali digunakan oleh disney animation
menggunakan plastik transparan yang disebut "Cell" (itulah kenapa cara ini juga disebut "Cell Animation"
cell itu digunakan sebagai layer dalam objek animasi (character, background, property, dan lain-lain)
cell ini dikombinasi di dalam stage yang akan di foto tiap frame-nya
cell animation cocok untuk animasi kartun.



02 STOP-MOTION ANIMATION
mengambil gambar objek pada frame rate tertentu
cara ini dapat digunakan dalam banyak benda (clay, orang, dll)
cara ini juga dapat digunakan untuk membuat animasi yang aslinya tidak bisa

sekian postingan kami hari ini, semoga bermanfaat :)

sumber:
http://www.opensourceforu.com/2011/01/make-your-own-stop-motion-animation-using-stopmotion/
PPT Bapak Marcellinus Ferdinand Suciadi

0 comments:

Post a Comment